Tasikmalaya, NU Tasik Online – Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (LAKPESDAM) NU Kota Tasikmalaya bekerjasama dengan komunitas rehabilitasi berbasis masyarakat (RBM) memberikan dukungan psikososial bagi kelompok rentan anak di Kelurahan Karanganyar, Jum’at, (5/02/2020).

“Kegiatan dukungan psikososial ini untuk percepatan pemulihan mental anak terutama menghadapi adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi global covid-19,” ucap Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Masyarakat LAKPESDAM NU, Rina Marlina, kepada Nu Tasik Online.

Kegiatan ini dilaksanakan selama lima pertemuan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Dilaksnakan satu kali dalam seminggu dimulai pada tanggal 2 Februari dan akan berakhir di tanggal 16 Februari 2021″, katanya.

“Dukungan psikososial ini diikuti oleh 10 anak di kelurahan karanganyar dan sekitarnya, kegiatan diawali dengan penerapan 3M kepada Anak-anak, yaitu dimulai dengan pengaturan barisan atau memberi jarak pada masing-masing anak, mencuci tangan dengan 6 langkah menggunakan handsanitizer yang disemprotkan ke telapak tangan, dan memakaikan masker”, lanjut Rina.

Kegiatan dukungan psikososial ini lanjut Rina, disusun dengan beragam permainan dan aktivitas positif untuk menghibur anak-anak.

“Tujuannya adalah agar mereka mampu membangun daya tahan yang memungkinkan mereka bangkit kembali dari stigma, penyingkiran, diskriminasi serta membantu mereka untuk menghadapi berbagi peristiwa yang tidak pernah terprediksi sebelumnya, termasuk di masa pandemi Covid-19”. pungkasnya. (red)